"SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI MEDIA INFORMASI BIDANG ENERGI DAN KETENAGALISTRIKAN DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI KAB. KUTAI KARTANEGARA"

Minggu, 25 Oktober 2009

Kelistrikan di Kutai Kartanegara

Sektor listrik merupakan salah satu sektor yang memainkan peranan penting dalam rangka menjamin perkembangan Gerakan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku Tahap II) karena adanya pencahayaan yang memadai mempunyai implikasi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi.Energi adalah salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan manusia, dimana peningkatan kebutuhan energi dapat menjadi indikator peningkatan kemakmuran, tapi bersamaan dengan itu juga menimbulkan masalah dalam pengadaan.
Data yang diperoleh hingga Juli 2007 (oleh Unmul) sebagai pelaksana pengelola data di Kartaenagara Kutai Inventarisai listrik tahun anggaran 2007 menyatakan bahwa penduduk 224 desa dengan jumlah 554.924 keluarga (Kepala Keluarga) 158.185 di Kutai Kartanegara tidak dapat dicapai oleh pemerintah listrik PT. Pemerintah penyedia listrik PLN sebanyak 78.248. Berdasarkan pengamatan kondisi listrik di Kabupaten Kukar cukup mengkhawatirkan ini yang ditunjukkan oleh rendahnya konsumsi per kapita listrik bila dibandingkan dengan Kabupaten lain yang ada diIndonesia.

Listrik adalah keinginan dan kebutuhan masyarakat pedesaan tetapi sampai sekarang kebanyakan dari mereka tidak menikmati itu, disebabkan oleh:
1). Investasi pemerintah terbatas, sehingga untuk membangun sebuah pusat kekuasaan diperlukan biaya yang sangat besar.
2). Kesulitan melaksanakan program elektrifikasi pedesaan jarak dari satu rumah ke rumah lain di pedesaan.
3). Rendahnya pendapatan per kapita bagi sebagian besar masyarakat pedesaan merupakan isu utama untuk membuat keberhasilan program.
4). Topografi yang tinggi menjadi salah satu kendala dalam pengembangan jaringan listrik. (Iskdr)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © energikukar.blogspot.com Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger