"SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI MEDIA INFORMASI BIDANG ENERGI DAN KETENAGALISTRIKAN DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI KAB. KUTAI KARTANEGARA"

Jumat, 15 Juli 2011

Survey awal PLTMH di Desa Suka Bumi Kec. Kota Bangun


energikukar.blogspot.com

Berdasarkan SPPD Nomor : 540/225/SEKT/VI/2011, yaitu tanggal 30 s/d 2 Juni 2011 Telah dilaksanakan peninjauan dan survey awal lokasi permohonan bantuan PLTMH di Desa Suka Bumi Kec. Kota Bangun, adapun petugas survey dipimpin oleh Bapak Darwis,ST.,M.Si (Kabid. Energi dan Ketenagalistitrikan) Ibu Hj. Rita Hairani, BA (Kasi Pengembangan Listrik Pedesaan) Nopan Sholihin,ST (Staf P3ISDA) Iskandar,SE (Staf Seksi Pengembangan Listrik Pedesaan).
Peninjauan lokasi didampingi aparat desa serta masyarakat Desa Suka Bumi Peninjauan langsung menuju lokasi air terjun Suka Bumi, yang berjarak + 2 KM dari Desa Suka Bumi, perjalanan kelokasi bisa menggunakan kendaraan baik roda 2 maupun roda 4, akan tetapi menuju air terjun dilakukan dengan berjalan kaki + 10 menit. Air terjun Suka Bumi ada 2 (dua) yang pertama tingginya + 15 M yang kedua + 12 M. Hutan disekitar air terjun sebagian masih hutan alami, yang sebagiannya lahan perkebunan masyarakat. Dari hasil survey awal yang dilaksanakan air terjun Suka Bumi bisa diusulkan untuk dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), akan tetapi hal itu perlu kajian teknis yang lebih detail. Adapun usulan awal kegiatan tersebut sebaiknya diusulkan pada kegiatan tahun anggaran 2012, berupa kegiatan survey dan penyusunan studi kelayakaan serta data penunjang lainnya, dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat yang tidak terjangkau listrik PLN. Kegiatan ini juga nantinya kearah program Pengembangan Desa Mandiri Energi.(isk)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © energikukar.blogspot.com Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger