"SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI MEDIA INFORMASI BIDANG ENERGI DAN KETENAGALISTRIKAN DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI KAB. KUTAI KARTANEGARA"

Senin, 04 Maret 2013

Peninjauan dan sosialisasi bagi calon penerima PLTS di Desa Muhuran Kec. Kota Bangun


energikukar.blogspot.com
Berdasarkan DPA SKPD Nomor : 2.03.01.17.04.5.2  Kegiatan Pengadaan dan Pemasangan PLTS tahun 2013, dimana ada beberapa desa dalam wilayah Kab. Kutai Kartanegara yang akan mendapatkan bantuan PLTS salah satunya yaitu Desa Muhuran Kec. Kota Bangun. Setelah dokumen diterima maka dilanjutkan dengan melaksanakan tahapan-tahapan kegiatan diantaranya, melaksanaakan kroscek / peninjuan langsung ke lokasi desa pemohon sekaligus melaksanakan sosialisasi berkaitan dengan pengadaan PLTS tahun 2013.

Peninjauan /kroscek langsung ke lokasi merupakan tahapan awal yang bertujuan untuk mengetahui, dan menyesuaikan data pemohon sebelumnya, yang tentu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar barang yang nantinya diserahkan ke masyrakat dapat tepat sasara.
Selanjutnya dalam kesempatan itu juga dilangsungkan sosialisasi berkenaan dengan kegiatan PLTS, yang dilaksanakan di Balai Desa  serta dihadiri oleh aparat desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat, sebagian warga Desa Muhuran. Dalam sosialisasi tersebut juga disampaikan beberapa hal diantaranya  :
a.       Warga desa Muhuran pada tahun 2013 mendapatkan bantuan PLTS sebanyak 100 Unit.
b.       Tahapan-tahapan pelaksanaan kegiatan PLTS
c.       Pengertian dasar PLTS
d.       Teknik dasar perawatan dan pengelolaan PLTS
e.       Pengusulan kembali bagi warga yang belum mendapatkan PLTS
f.        Session tanya jawab.
Dari hasil data dilapangan bahwa jumlah bangunan/rumah masyarakat termasuk fasilitas umum sebanyak 165 unit, akan tetapi dari realisasi pada tahun 2013 desa Muhuran mendapatkan PLTS sebanyak 100 unit, masih ada sisa 65 unit lagi warga yang belum mendapatkan PLTS.
Agar nantinya kegiatan ini bisa berjalan sesuai rencana, masih ada beberapa tahapan yang akan dilaksanakan diantaranya verifikasi dan evaluasi ke lokasi oleh tim Verifikasi dan Evaluasi Calon Penerima PLTS tahun 2013, yang nantinya akan dituangkan dalam berita Acara Pemeriksaan Lapangan.
Berdasarkan verifikasi dan evaluasi itu juga dilanjutkan dengan pengusulan penetapan penerima PLTS melalui SK Penetapan oleh Bupati Kutai Kartanegara dilanjutkan dengan pembuatan NPHD. Jadi masih ada beberapa tahapan yang akan dilaksanakan sehingga barang yang nantinya diserahkan kemasyarakat itu tepat sasaran, pemberin penerangan altenatif melalui PLTS ini juga sesuai dengan program Pemerintah Daerah melalui Gerbang Raja (Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera). (Iskdr)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © energikukar.blogspot.com Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger