"SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI MEDIA INFORMASI BIDANG ENERGI DAN KETENAGALISTRIKAN DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI KAB. KUTAI KARTANEGARA"

Rabu, 12 September 2012

Presentasi awal Perencanaan Studi PLTS Komunal di Desa Muara Enggelam Kec. Muara Wis

energikukar.blogspot.com 
Sebagai langkah awal dalam tahap pelaksanaan kegiatan di tahun anggaran 2012 ini,sesuai DPA SKPD 2.03.01.17.17.5.2 Kegiatan Perencanaan Studi Kelayakan PLTS Komunal di Desa Muara Enggelam Kec. Muara Wis, Bidang Energi dan Ketenagalistrikan Dinas Pertambangan dan Energi Kab. Kutai Kartanegara melaksanakan yang dimulai dengan presentasi awal oleh pihak Pelaksana yaitu dari CV. Consultant Energy Indonesia, yang dilaksanakan pada tanggal 11 September 2012 diruang Bidang Energi dan Ketenagalistrikan Dinas Pertambangan dan Energi Kab. Kutai Kartanegara.
 
Adapun presentasi tersebut dihadiri beberapa SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara diantaranya, Balitbangda, Bapemas dan Pemdes, Bappeda, Bagian Sumber Daya Alam Setkab. Kukar, Bagian Pembangunan Setkab. Kukar, Kepala Bidang dan Kepala Seksi Dilingkungan Dinas Pertambangan dan Energi Kab. Kutai Kartanegara, kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Dinas Pertambangan dan Energi.
Dalam kesempatan tersebut disampaikan beberapa hal mengenai model pelaksanaan yang akan dilaksanakan nantinya.diantaranya pendahuluan,keuntungan PLTS, maksud dan tujuan kegiatan,identifikasi masalah,metode pengambilan data, desain teknis, kebutuhan energi.
 "Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini diantaranya untuk mengetahui,terlebih dahulu potensi Desa Muara Enggelam,kemudian kelayakan desa ini untuk dibangunkan PLTS Komunal apabila hasil dari studi ini dinyatakan layak".kata Ibu Hj. Rita Hairani, BA selaku PPTK kegiatan ini. 
"Dalam hal pelaksanaan kegiatan ini juga kami tetap berkoordinasi dengan pihak terkait yaitu PT.PLN (Persero) setempat, untuk mengetahui program-program yang dilaksanakan agar tidak terjadi tumpang tindih kegiatan, juga untuk mengetahui, daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh jaringan listrik PLN" tambahnya. Dari beberapa hal yang disampaikan oleh pihak konsultan ada beberapa masukan yang disampaikan oleh peserta presentasi, diantaranya agar pada saat akhir laporan studi ini agar dapat ditambahkan Rencana Anggaran Belanja (RAB),adanya peluang Hybrid antara PLTS dan Diesel, atau PLTS dan Angin.(iskdr)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © energikukar.blogspot.com Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger